• SMKS MUHAMMADIYAH BULAKAMBA
  • Pembentuk Generasi Bangsa Jujur, Islami, Terampil dan Unggul

Pelaksanaan PTM Terbatas SMKS Muhammadiyah Bulakamba

 

Bulakamba, 27 September 2021 - Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3.

Kebijakan ini juga telah disampaikan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Pelaksanaan PTM terbatas di PPKM level 1-3 ini bisa dilakukan dengan syarat ketat. Selain itu baik pihak sekolah dan orangtua wajib mengetahui aturan selama tatap muka.

 

Berdasarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru, PTM terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3

1. Memperhatikan jaga jarak dan jumlah siswa.

Jarak harus diatur sejauh 1,5 meter antarsiswa. Selain itu jumlah maksimal peserta didik per kelas juga dibatasi, yakni.

  • SMA, SMK, MA, MAK, SMP, MTs, SD, MI dan program kesetaraan maksimal 18 peserta kelas (maksimal 50 persen).

2. Jumlah hari dan jam PTM terbatas dilakukan dengan shift.

3. Perilaku wajib di seluruh lingkungan satuan pendidikan:

  • Menggunakan masker.
  • Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer.
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter.
  • Tidak melakukan kontak fisik, seperti bersalaman dan cium tangan.
  • Menerapkan etika batuk atau bersin.

4. Harus dalam kondisi sehat dalam menjalankan PTM terbatas. Kondisi kesehatan terkontrol, tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid). Tidak memiliki gejala Covid-19

5. Tidak boleh melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah selama mengikuti PTM terbatas, diharapkan siswa tetap bisa mengikuti pembelajaran di sekolah. Namun tetap mengutamakan kesehatan baik guru dan siswa selama melaksanakan ptm terbatas.

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang kian penting dan mendesak untuk menghindarkan generasi muda Indonesia dari learning loss atau penurunan capaian pembelajaran diSMK Muhammadiyah Bulakamba mulai dilaksanakan hari ini. Senin (27/9/2021).

PTM terbatas merupakan upaya menyelamatkan anak-anak Indonesia dari risiko dampak negatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara berkepanjangan. Jika tak segera menerapkan PTM terbatas, generasi ini dikhawatirkan akan sangat sulit untuk mengejar ketertinggalan ke depannya.

"Percepatan penuntasan vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) bisa menjadi dorongan untuk mengembalikan anak ke sekolah secara terbatas," kata Menkominfo Johnny, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, PJJ yang berkepanjangan bisa berdampak besar dan permanen terhadap para pelajar di Indonesia. Adapun, sejumlah dampak yang sangat diantisipasi, di antaranya putus sekolah, penurunan capaian pembelajaran, dan kesehatan mental serta psikis anak-anak.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
TWIBBON PPDB 2022-2023 SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA

Loading… Twibbon ke 2 Loading…  

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 1608 kali
LOMBA KONTEN VIDEO di TIKTOK BERHADIAH UANG PEMBINAAN, Ikutan yuk!!

    BULAKAMBA, SMKMUMBUL NEWS - Siapa yang tidak kenal TikTok ?. Platform distribusi video singkat ini begitu digandrungi banyak orang. Melalui TikTok, orang-orang bi

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 421 kali